Kamis, 30 Januari 2020

Inilah Wujud 'New Asgard' di Dunia Nyata

Asgard jadi tempat lahir Thor dan cerita kehidupannya. Di 'Avengers: Endgame', muncul 'New Asgard'. Waduh, apalagi ini?

Mungkin, alur cerita New Asgard bisa kamu cari sendiri di film 'Avengers: Endgame'. Daripada kami kena 'semprot' karena menceritakan spoiler, baiknya mending kasih tahu saja tempat syutingnya yang keren.

Di film Avengers: Endgame, ada sebuah tempat bernama New Asgard. Digambarkan, tempat ini adalah daerah pesisir pelabuhan dengan rumah-rumah di sekitarnya. Salah satu yang menarik perhatian adalah keindahan alamnya yang memesona, menjadi lanskap scene ikonik di Avengers: Endgame.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Selasa (30/4/2019) New Asgard aslinya adalah Tonsberg, sebuah kota di daerah Vestfold, Norwegia Timur di bagian selatan. Kalau dari ibukota Norwegia, Oslo, kira-kira 100 kilometer jaraknya.

Tonsberg pun dianggap sebagai kota paling tua di Norwegia. Dahulu, Tonsberg ditemukan oleh Vikings pada abad ke-9. Kota ini punya sejumlah lanskap alam yang menakjubkan.

Eits, bukan Viking yang merujuk ke salah satu suporter sepakbola Indonesia ya. Tetapi, Viking yang dimaksud adalah bangsa Skandinavia yang dikenal memiliki sifat perompak dan penakluk. Mereka umumnya berprofesi sebagai nelayan, petani dan pedagang. Bangsa ini pernah berkelana keliling dunia, salah satu yang paling besar dampaknya di Tonsberg.

Maka tidak heran, apabila jejak Viking banyak ditemukan di sini. Misalnya saja Museum Slottsfjellsmuseet. Museum ini didedikasikan untuk bangsa Viking, menceritakan kehidupan, asal-usul bahkan memperlihatkan kapal yang digunakan pada abad ke-9.

Selain itu, traveler juga bisa melihat perbukitan hijau yang cantik. Tata kotanya masih asri dan sejuk, dengan bangunan yang rapi dan apik.

Berbagai atraksi wisata pun bisa ditemukan di sini. Traveler bisa mengunjungi jejak Viking di The Viking Ship Saga Oseberg, atau wisata rohani ke Gereja Vallo, Torod dan Sem.

Selain itu juga ada Tonsberg Cathedral. Salah satu gereja katedral yang populer di kota ini. Sejumlah bangunan di Tonsberg juga cantik dan masih dipertahankan keasliannya.

Ditambah, traveler juga bisa ke Tonsberg Brygge. Inilah pelabuhan ikonik di Tonsberg, yang dulunya jadi pusat perdagangan populer pada abad ke-19. Rumah-rumah dan bangunan di sekitarnya pun masih asli.

Ada sejumlah acara atau event populer di Tonsberg. Misalnya seperti Tonsberg Medieval Festival di bulan Juni awal, Slottsfjell Festival yang merupakan acara musik setiap musim panas dan Tonsberg Day di pertengahan Juni.

Cara ke Tonsberg dari Jakarta cukup mudah dijangkau. Traveler hanya perlu ke Oslo, ibukota Norwegia. Banyak maskapai internasional yang memiliki rute ke sana, misalnya Turkish Airlines (transit Istanbul), Qatar Airways (transit Doha), Emirates (transit Dubai), KLM (transit Amsterdam-Schipol). Dari Oslo, traveler bisa menempuh perjalanan darat selama 80 menit.

Kemenpar Gelar Lomba Pesona Mudik Berhadiah Rp 300 Juta

Puasa sebentar lagi, Lebaran tak lama menyusul. Menteri Pariwisata Arief Yahya pun menantang netizen milenial untuk mengeksplorasi kuliner, atraksi di destinasi dan event selama bulan Ramadan dan Lebaran 2019.

Arief menjelaskan lomba kali ini melalui media sosial Instagram, dengan lomba foto yang bertajuk Pesona Mudik 2019.

"Total hadiahnya Rp 300 juta, untuk 300 pemenang," ujar Arief, dalam keterangan tertulis, Selasa (30/4/2019).

Adapun Lomba foto ini dibagi ke dalam dua sesi. Periode pertama, dimulai tanggal 1-26 Mei 2019, dengan tema Ramadan Penuh Pesona. Objek yang diambil adalah pesona kuliner dan pesona destinasi di seluruh Jawa, tujuan mudik Lebaran.

Bagi yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, juga bisa mengeksplorasi objek foto yang bagus, baik kuliner maupun destinasi. Karena ada juga saat mudik nanti, yang kembali ke Jakarta. Beberapa daerah dari Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogja, dan Jawa Timur juga perlu mengangkat semua destinasi dan kuliner di daerahnya. Agar ketika mudik Lebaran nanti, orang Jakarta sudah punya referensi untuk mencicipi makanan khas dan destinasi yang asyik.

Di periode pertama, memang belum ada event, karena itu, hanya 2 kategori saja yang diperlombakan, masing-masing total hadiah per kategori Rp 75 juta. Pemenang periode pertama akan diumumkan pada 30 Mei 2019.

Nah, di untuk periode kedua, akan dilangsungkan pada 27 Mei-10 Juni 2019. Pemenangnya akan diumumkan pada 14 Juni 2019. Di periode kedua ini, total hadiah Rp 150 juta, dan dibagi ke dalam 3 kategori, yakni Pesona Kuliner, Pesona Destinasi, dan Pesona Event.

Arief mengajak netizen, kaum milenial, anak-anak muda, dan pegiat media sosial, untuk mempromosikan pariwisata di daerah-daerah. Karena menurutnya, akan ada lebih dari 20 juta orang yang bergerak di 7 hari menjelang Lebaran dan 5 hari setelah Lebaran.

Pemerintah Promosikan Lombok ke Industri Travel Timur Tengah

Memanfaatkan momentum Arabian Travel Market (ATM) 2019, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Uni Emirate Arab (UEA), Konjen RI Dubai, Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar Indonesian Night yang mengusung tema Lombok Sumbawa Recovery. Event ini didatangi puluhan sellers dan buyers potensial.

Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab Husin Bagis mengatakan, acara yang dilakukan pihaknya bekerja sama dengan KJRI dan Kemenpar ini adalah salah satu upaya untuk menjaga kunjungan wisatawan dari Timur Tengah terutama dari Dubai agar terjaga dengan baik.

"Kita harus terus berinovasi dalam berpromosi. Kita harus terus pelajari apa yang disuka wisatawan dan apa saja yang menjadi kebiasaan wisatawan, agar mereka tetap datang ke tanah air. Kita semua dengan semangat Indonesia Incorporated harus bisa punya skema yang efektif dalam berpromosi. Mari kita bersama-sama menyejahterakan masyarakat Indonesia dengan pariwisata," kata Husin dalam keterangan tertulis, Selasa (30/4/2019).

Hadir pula dalam acara tersebut Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Sitti Rohmi Djalilah dan Kadispar NTB Lalu M, dan Konjen RI di Dubai Ridwan Hassan. Sementara Kemenpar, diwakili langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya.

Sitti memaparkan wisata Lombok kepada peserta. Wagub berhijab itu juga memaparkan peluang investasi dari berbagai aspek di Lombok Sumbawa.

Sementara itu, Konjen Indonesia di Dubai Ridwan Hassan berharap pariwisata Indonesia semakin dikenal wisatawan mancanegara terutama dari timur tengah.

"Saya sangat merasakan massifnya promosi di luar negeri terutama di Dubai. Semua diakomodir dengan baik. Disediakan booth besar, kewibawaan pelaksanaan juga sangat terjaga. Semangat Indonesia Incorporated dengan KBRI dan KJRI di emirate juga sangat terlaksana dengan baik dan hangat," ucapnya," katanya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat maupun yang berkontribusi di acara tersebut. Kemenpar sebagai garda terdepan dalam berpromosi pariwisata siap berkolaborasi dengan semua pihak dan perwakilan RI di negara manapun.

"Saya sangat setuju dan mendukung acara ini. Karena seperti sudah diketahui semua, bahwa pariwisata saat ini menjadi core bisnis bangsa. Seperti yang sering diungkapkan oleh bapak Menteri Pariwisata Arief Yahya, pariwisata itu jika semakin dilestarikan bersama-sama, maka akan semakin mensejahterakan bagi bangsa dan negara kita,"kata Nia itu.

Acara turut dimeriahkan permainan alat musik sasando, serta Tari Asih Tresna, yaitu tarian penyambutan untuk tamu kehormatan dari Suku Sasak Mandalika, Lombok Tengah. Ada juga Zapin Malenggo, yakni karya tari yang menonjolkan nilai tradisional Mbojo (Bima) dan tarian lainnya.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Regional III Kementerian Pariwisata Sigit Wicaksono menyatakan, ATM 2019 dipusatkan di Dubai International Convention and Exhibition Center, Dubai, Uni Emirat Arab, tanggal 28 April-1 Mei 2019. Sebagai salah satu partisipan, Kementerian Pariwisata benar-benar tampil all out di ajang tersebut. Beragam bentuk promosi pun dilakukan untuk menarik minat pengunjung. Sigit juga bersyukur ada acara tersebut dan Kemenpar bisa memanfaatkan momentum dengan baik.

ATM 2019 diikuti oleh lebih dari 3.285 eksibitor dari 141 negara, dan diperkirakan mencapai lebih dari 120.000 pengunjung. Pada pelaksanaannya, Paviliun Indonesia menempati lahan seluas 496 sqm2 (double decker) di Asia Region Sheikh Saeed Hall 3, No AS 2550.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, partisipasi Indonesia dalam perhelatan ATM 2019 dilakukan dalam rangka mencapai target kunjungan 20 juta wisman. Khususnya 120 ribu target dari pasar Timur Tengah. ATM sendiri sudah digelar selama 27 kali. Sepanjang perhelatannya, Indonesia sudah berpartisipasi sebanyak 18 kali.

"Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak yang berkolaborsi dengan kami. Ini semua sangat bermanfaat untuk pariwisata Indonesia," katanya.