4. Katalog IKEA 80-an
Menginjak umur ke-30 tahun, IKEA memperluas jangkauannya ke Amerika Serikat, Perancis dan Italia. Tidak hanya itu, IKEA juga memperbanyak versi IKEA Katalog dengan sembilan bahasa yang berbeda dan telah mencetak lebih dari 45 juta katalog untuk seluruh dunia.
Menghitung tahun bisa dibilang IKEA telah 70 tahun memberikan inspirasi rumah untuk setiap pelanggan di penjuru dunia melalui katalognya.
5. Katalog IKEA 90-an
Pada era 90-an, IKEA mulai memperkenalkan lini koleksi khusus anak-anak. Tercermin dari sampul IKEA Katalog di tahun 90an bahwa IKEA mulai menampilkan model anak-anak di inspirasi rumahnya.
Tahun 90an juga menjadi tahun kelahiran produk anak-anak pertama oleh IKEA, yaitu kursi ANTILOP. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, IKEA mulai memanfaatkan teknologi komputerisasi untuk mendesain produk ANTILOP yang sebelumnya setiap produk merupakan hasil pengembangan karya desainer interior dan engineer.
Fakta unik lainnya adalah setiap nama produk IKEA berdasarkan nama wilayah dan negara di Swedia. Contohnya adalah sofa KLIPPAN yang merupakan salah satu desa kecil di provinsi Skåne, Swedia.
Lebih jauh lagi, penamaan produk IKEA untuk produk tekstil tempat tidur akan dinamai berdasarkan nama tumbuhan seperti BLOMMA yang artinya bunga. Sedangkan, produk anak-anak dinamai setelah nama hewan dalam bahasa Swedia seperti EKORRE yang berarti tupai.
6. Katalog IKEA 2000-an
IKEA untuk pertama kalinya di tahun 2000 memberikan kesempatan kepada pelanggan di Denmark dan Swedia, agar dapat berbelanja secara online melalui IKEA.com. Hingga saat ini, IKEA.com telah dikunjungi lebih dari 14 miliar pengguna internet di dunia.
Memasuki tahun milenium, IKEA mulai fokus dalam mengembangkan produk multifungsi sehingga dapat memanfaatkan ruang yang terbatas agar tetap tampak luas. Pendekatan ini diambil sebagai respon dari tren dan perkembangan properti di era 2000-an seperti banyak keluarga yang tinggal di apartemen.
7. Katalog IKEA 2010-2020
Mewujudkan komitmennya dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik melalui produk-produknya, IKEA terus melebarkan sayapnya. Pada tahun 2014 sampailah IKEA di Indonesia.
IKEA hadir melalui toko ritel yang berlokasi di Alam Sutera dan Sentul City serta secara online. Pemanfaatan teknologi digital melalui website memungkinkan masyarakat Indonesia dapat mengakses produknya dari rumah.
IKEA pun melakukan terobosan baru pada Katalog 2021 di mana IKEA tidak lagi mencetak katalog yang telah menjadi bagian dari identitasnya selama bertahun-tahun. Katalog IKEA kini dihadirkan dalam bentuk digital.
2. Katalog IKEA Tahun 60-an
Memasuki tahun 1960, IKEA juga melakukan terobosan baru dalam lini produknya dengan menambahkan warna cerah dan menggunakan bahan plastik untuk perabotnya. Katalog IKEA tahun 1962 merupakan kali pertama IKEA menggunakan sentuhan warna-warna cerah pada perabotannya.
Hal ini cukup bertentangan dengan apa yang dilakukan oleh perusahaan perabotan lainnya di mana perabotan diproduksi dengan warna gelap. Pada era yang sama IKEA juga melebarkan lini bisnisnya ke dunia kuliner.
IKEA Restaurant juga sudah berdiri sejak tahun 1960. IKEA Restaurant pertama kali hadir di dunia menyajikan makanan seperti burger, bakso (meatballs) dan lainnya. Hal ini berdasarkan pengamatan Ingvar bahwa banyak pembeli yang meninggalkan toko saat jam makan siang dan menyantap makanan di restaurant terdekat. Hal itu pula yang menyebabkan pelanggan lebih sedikit membeli perabotan karena lapar.
3. Katalog IKEA Tahun 70-an
Suatu hari Ingvar Kamprad memiliki ide untuk membeli bahan denim sepanjang 5 kilometer dan membawa kain tersebut ke tim desainer dan kreatif untuk membuat suatu karya yaitu kursi santai TAJT pada tahun 1972. Perabot berbahan dasar denim yang dibuat itu pun merupakan hal pertama di dunia.
Tidak hanya itu, produk khas IKEA yaitu rak buku BILLY dan kursi santai POANG pertama kali diluncurkan pada era yang sama. Kedua produk tersebut telah menjadi bagian dari identitas IKEA selama 40 tahun dan selalu menjadi pilihan keluarga.
IKEA merupakan satu dari beberapa toko yang menerapkan self-service di mana pelanggan dapat mengambil sendiri perabotan mereka yang sudah dikemas di gudang. Metode ini diterapkan pertama kali di tahun 1970 setelah kebakaran besar menghanguskan sebagian area toko IKEA di Swedia.
Hingga saat ini warehouse IKEA telah menjadi tempat ikonik yang digemari oleh pelanggan untuk berfoto. Tentunya warehouse IKEA menjadi salah satu spot yang paling sering di-upload ke media sosial.
https://kamumovie28.com/son-of-a-gun-2/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar