Selasa, 23 Maret 2021

Daftar Universitas dengan Website dan Medsos Terbaik, Ada Kampus Kamu?

 - Website dan akun media sosial (medsos) jadi aset digital yang penting buat universitas-universitas di Indonesia di tengah industri 4.0, dan juga situasi pandemi yang menuntut semua sektor go digital.

Baik website maupun akun medsos universitas, dimanfaatkan untuk memastikan ratusan, bahkan ribuan mahasiswa aktif dan juga para calon mahasiswa bisa tetap up to date mengetahui apa yang saat ini sedang terjadi di kampus mereka.


Nah, startup teknologi edukasi (edutech) RevoU melakukan riset dengan mengurutkan universitas di Indonesia yang memiliki website dan medsos terbaik di Q1 2021.


Dalam risetnya, RevoU mengumpulkan 30 universitas besar di Indonesia, terdiri dari universitas negeri dan swasta. Dari sana, RevoU mengumpulkan dan membandingkan jumlah pengunjung website bulanan (SimilarWeb), jumlah pengikut di medsos (Instagram, Twitter, LinkedIn, dan YouTube), jumlah konten di masing-masing medsos, strategi konten di medsos universitas.


RevoU juga melihat strategi apa saja yang dilakukan di masing-masing aset digital yang setiap universitas miliki. Ini dia hasilnya, apakah kampus kamu termasuk?


Website paling banyak dikunjungi

Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati urutan teratas website kampus terbaik. Pengunjung bulanan website UGM tercatat sebesar 6,1 juta. Dalam posisi 5 besar, di belakangnya masing-masing menyusul Universitas Indonesia (UI) dengan pengunjung bulanan 5 juta, Binus University 4,3 juta, Institut Teknologi Bandung (ITB) 3,9 juta, dan Universitas Brawijaya sebanyak 3,5 juta pengunjung.


Dalam infografis berikut ini ditampilkan urutan lengkap website universitas paling banyak dikunjungi.


website dan medsos kampus terbaik

Di Instagram

UGM memiliki jumlah follower terbanyak di Instagram dengan total 750 ribu follower. Salah satu strategi konten yang dilakukan adalah membuat konten seperti UGM Sepekan untuk merangkum apa saja informasi-informasi terpenting di kampusnya.

Berdasarkan data Socialblade, selain memiliki followers yang cukup banyak, rata-rata interaksi di akun Instagram UGM juga cukup tinggi. Rata-rata likes 10 ribu dan komentar 46. Rata-rata kenaikan jumlah followers di akun UGM juga tinggi yaitu sebesar 220 followers setiap harinya. UI mengekor di belakangnya dengan 680 ribu follower, diikuti Brawijaya (272 ribu), ITB (266 ribu), dan Universitas Padjadjaran (UNPAD) dengan 254 ribu follower.

https://cinemamovie28.com/movies/the-real-doctor-zhivago/


Mark Zuckerberg Kembali Serang Apple di Clubhouse


 Perseteruan antara Apple dan Facebook makin memanas. Bahkan CEO Facebook Mark Zuckerberg kembali mengkritik Apple saat berbicara di Clubhouse.

Zuckerberg sebelumnya sudah mengatakan ia tidak senang dengan kebijakan privasi terbaru Apple yang memudahkan pengguna iPhone dan iPad untuk memblokir aplikasi yang ingin melacak kegiatan online mereka untuk menargetkan iklan. Kebijakan ini dikhawatirkan akan berdampak pada bisnis iklan Facebook.


Di sisi lain, Apple mengatakan kebijakan ini akan memberikan pengguna lebih banyak kontrol terhadap data mereka. Kebijakan baru ini akan diterapkan di iOS 14 pada awal musim semi mendatang.


Saat berbicara di Clubhouse bersama CEO Spotify Daniel Ek dan CEO Shopify Tobias Lütke, Zuckerberg kembali menekankan kebijakan ini akan menyulitkan bisnis dan pengembang kecil. Facebook yang menghasilkan miliaran dolar dari iklan setiap tahunnya justru tidak begitu terdampak.


"Realitanya adalah saya yakin kita bisa mengatasi situasi itu dengan baik dan kami akan berada dalam posisi yang baik," kata Zuckerberg, seperti dikutip dari CNBC, Jumat (19/3/2021).


"Saya pikir mungkin saja kita berada di posisi yang lebih kuat jika perubahan Apple mendorong lebih banyak bisnis untuk berdagang di platform kita," tambahnya.


Komentar Zuckerberg ini terdengar lebih optimis ketimbang pernyataan Facebook sebelumnya. Misalnya saat mengumumkan laporan keuangannya di bulan Januari lalu, Facebook mengatakan kebijakan baru Apple ini bisa mempengaruhi bisnis iklan mereka di kuartal pertama.


Menghadapi perubahan ini, Facebook sudah bersiap dengan meluncurkan platform belanja online sendiri. Seperti peluncuran Facebook Shops dan Instagram Shops yang memungkinkan bisnis menjual produk mereka langsung di Facebook dan Instagram.

https://cinemamovie28.com/movies/wolf-girl-and-black-prince/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar